PENGERTIAN SABLON RUBBER
PENGERTIAN SABLON RUBBER

Pengertian Sablon Rubber

Sablon rubber adalah satu lagi jenis sablon terbaik setelah sablon plastisol yang kemudian juga banyak dijadikan pilihan alternatif dalam percetakan. Seperti diketahui, sablon adalah teknik yang berperan penting dalam mencetak hasil desain ke bahan pakaian yang akan dihasilkan. Jika kualitas sablon ini jelek, sebagus apapun kualitas bahan kaos atau pakaian yang digunakan tidak akan terlihat menarik. Itulah mengapa selain memikirkan jenis bahan kaos dan pakaian lain yang ingin kamu buat, cobalah pikirkan juga jenis sablon yang akan digunakan,

BACA JUGA : PENGERTIAN SABLON PLASTISOL

Jika kamu ingin memilih jenis sablon rubber ini, maka kamu perlu mengetahui secara lengkap apapun terkait sablon ini. Sablon rubber yang diketahui menggunakan karet seperti namanya, pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri dibandingkan jenis sablon lainnya. Lalu apakah kamu sudah  mengetahui terkait informasi ini? Jika kamu belum mengetahuinya, maka sebaiknya kamu mempelajari fakta-fakta terkait sablon rubber dalam penjelasan di bagian berikut.

8 Fakta Terkait Sablon Rubber untuk Sablon Kaos

Ada banyak jenis sablon terbaik yang dapat kamu pilih, termasuk juga sablon rubber yang sudah disebut-sebut sejak tadi ini. Sayangnya, tidak semua orang mengetahui apa yang menyebabkan sablon rubber banyak dipilih dan disebut menjadi salah satu kualitas sablon terbaik juga. Itulah mengapa pada bagian dibawah ini akan dijelaskan apa saja fakta yang dimiliki oleh sablon rubber agar kamu tidak ragu dalam memilihnya dan menyesal nantinya.

1. Sablon Jenis Rubber Dibuat dari Bahan Dasar Karet

Fakta pertama terkait sablon rubber yang perlu kamu ketahui adalah bahwa sablon ini berbahan dasar karet. Artinya bahan dasar utamanya adalah karet dan menjadi sangat baik untuk merekat di bahan kaos yang digunakan.

2. Sablon Jenis Rubber Harganya Lebih Terjangkau

Tidak seperti sablon plastisol yang eksklusif, sablon rubber yang kualitasnya hanya berbeda sedikit memilih harga yang lebih terjangkau. Kamu yang ingin menghasilkan kaos dengan harga terjangkau, lebih baik menggunakan jenis sablon ini.

3. Sablon Jenis Rubber juga Berbasis Air

Basis dari sablon rubber selain karet adalah juga air. Air pada sablon rubber ini membuat tinta yang dihasilkannya pun baik dicampurkan dengan air untuk menghasilkan warna yang lebih kaya. Tentunya hal ini tidak dapat dilakukan pada tinta berbasis minyak.

4. Sablon Rubber Memiliki Tiga Jenis Tinta

Secara penggunaannya, sablon rubber diketahui dibagi menjadi tiga jenis tinta. Ketiganya adalah tinta rubber yang berwarna putih untuk sablon putih pada kain gelap, tinta rubber netral untuk mencampurkannya sebagai penetral warna, dan tinta rubber transparan untuk dicampur dengan warna lain agar menghasilkan warna yang lebih cerah.

BACA JUGA : JENIS – JENIS BAHAN COTTON COMBED

5. Sablon Jenis Rubber Populer Digunakan untuk Sablon Kaos

Saat ini diketahui bahwa hampir semua jenis kaos memilih menggunakan sablon rubber. Kualitasnya yang tergolong baik dan harganya yang terjangkau, membuatnya menjadi pasangan yang tepat untuk menghasilkan kaos berkualitas baik dan harganya pun terjangkau untuk dibeli semua kalangan.

6. Sablon Jenis Rubber Sangat Disarankan untuk Warna Dasar Gelap

Seperti dijelaskan sebelumnya, tiga jenis tinta yang ada pada sablon rubber tidak menyebutkan tinta warna gelap sama sekali. Sehingga untuk kain berbahan dasar terang, penggunaan tinta ini tidak disarankan. Lebih disarankan sablon rubber digunakan pada bahan yang warna dasarnya gelap.

7. Sablon Jenis Rubber Suppliernya Mudah Ditemukan

Jenis sablon rubber ini cukup populer dan banyak digunakan dalam konveksi saat ini, sehingga suppliernya pun sudah lebih mudah ditemukan dibandingkan sablon lainnya.. Tidak terlalu eksklusif membuatnya pun menjadi ramah dipasarkan.

8. Sablon Jenis Rubber Tidak Mudah Luntur

Secara kualitas, sablon rubber ini melekat dengan erat dan tidak mudah luntur jika digunakan karena terbuat dari karet. Jadi memang secara kualitas pun sablon rubber tidak menimbulkan banyak kekhawatiran untuk digunakan dalam pakaian yang dikenakan sehari-hari.

Itulah tadi fakta-fakta terkait sablon rubber yang perlu kamu ketahui untuk menentukan jenis sablon yang akan kamu pilih. Setelah mengetahui informasi ini, tentunya kamu pun menjadi sangat percaya diri dengan kualitas akhir dari cetak sablon yang akan kamu dapatkan nantinya. Itulah mengapa sebaiknya kamu selalu mempelajari dan mempertimbangkan dahulu fakta-fakta dari sablon lain yang menarik perhatian kamu. Semoga dengan informasi ini, kamu menjadi lebih berpengalaman dalam melakukan percetakan sablon dengan kaos yang kamu desain sendiri!