PENGERTIAN SABLON RASTER

PENGERTIAN SABLON KAOS RASTER

PENGERTIAN SABLON KAOS RUSTER
PENGERTIAN SABLON KAOS RUSTER

BACA JUGA : PENGERTIAN SABLON RUBBER

Sablon raster adalah jenis sablon yang memiliki desain berupa dot atau titik-titik kecil yang berkumpul untuk membentuk suatu gambar atau ilustrasi yang utuh. Sablon raster biasa digunakan untuk mencetak desain sablon yang memiliki gradasi atau desain full colors supaya gambar atau ilustrasi yang tercetak memiliki visual yang detail. Selain itu, sablon raster juga bisa digunakan untuk mencetak sablon dengan efek tiga dimensi atau 3D supaya gambar atau ilustrasi terkesan lebih hidup. Pengaplikasian sablon raster dilakukan dengan teknik sablon manual yang membutuhkan ketelitian dan kecermatan yang tinggi. Sablon raster diaplikasikan dengan cara memecah warna menjadi beberapa warna dasar terlebih dahulu sebelum dicetak pada permukaan kain. Proses memecah dan meracik warna serta proses pembuatan film sablon raster cukup rumit sehingga membutuhkan keterampilan khusus supaya cetak sablon yang dihasilkan nantinya memiliki visual yang tajam, detail, dan mirip dengan desain yang sudah dibuat.

BACA JUGA : PENGERTIAN SABLON PLASTISOL

Teknik pengaplikasian Sablon Raster

Pengaplikasian sablon raster dilakukan melalui dua teknik, yakni spot colors dan separasi. Dua teknik tersebut membutuhkan perlakuan yang berbeda karena memiliki karakteristik yang berbeda pula. Oleh karena itu, simak uraian mengenai teknik pengaplikasian sablon raster sebagai berikut.

  • Spot Colors

Spot colors merupakan teknik pengerjaan sablon raster yang berfokus pada ketepatan pemecahan warna dari desain sablon. Teknik spot colors ini akan memecah warna pada desain sablon dan membagi warna-warna tersebut menjadi spot yang presisi. Teknik spot colors ini membutuhkan tinta sablon dalam beragam warna serta membutuhkan screen sablon dalam jumlah banyak supaya bisa mencetak sablon yang detail dan tajam. Tinta sablon yang digunakan untuk teknik spot colors juga beragam, yakni tinta plastisol dan tinta berbasis air (water based). Selain itu, proses pengerjaan teknik spot colors ini memang cukup rumit sehingga membutuhkan ketelitian tinggi dan waktu pengerjaan yang cukup lama. Akan tetapi, teknik spot colors ini mampu mencetak sablon yang sangat presisi tanpa penyesuaian angle saat setting gambar sehingga tergolong sablon premium berkualitas tinggi.

  • Separasi

Teknik separasi juga termasuk teknik pengaplikasikan sablon raster yang cukup sering digunakan. Teknik separasi dilakukan dengan memecah warna pada desain sablon menjadi empat warna dasar, yakni cyan, magenta, yellow, dan dark atau yang dikenal dengan istilah CMYK. Pengaplikasian teknik separasi ini membutuhkan penguasaan angle gambar supaya bisa mencetak sablon yang presisi dan sesuai desain. Teknik separasi ini dianggap lebih praktis dan bisa dikerjakan dalam waktu yang lebih cepat daripada teknik spot colors, tetapi cetak sablon yang dihasilkan pun memiliki range colors yang lebih sempit karena hanya memanfaatkan empat warna dasar.

Dua teknik sablon tersebut bisa dimanfaatkan untuk mencetak sablon raster yang bisa disesuaikan dengan desain dan hasil yang diharapkan. Masing-masing teknik tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan berbeda sehingga bisa menjadi bahan pertimbangan Anda sebelum mencetak sablon.

BAGIKAN !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *